SEMINAR NASIONAL “IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS OBE” PRODI PENDIDIKAN EKONOMI

Pekanbaru, Selasa 24 Oktober 2023, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Seminar dengan Tema “Implikasi Kurikulum Berbasis OBE” kegiatan ini berlangsung secara online. Kegiatan pelaksanaan Seminar Nasional ini juga bekerjasama dengan HMPS Pendidikan Ekonomi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Bapak Dr. Zarkasih, M.Ag., Ketua Program Studi Bapak Ansharullah, SP., M.Ec., Sekretaris Program Studi Ibu Yulia Novita, S.Pd.I., M.Par, Bapak Ibu Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan peserta yang berasal dari UIN Suska Riau maupun luar UIN Suska Riau baik mahasiswa maupun dosen.

Kegiatan Seminar dibuka langsung oleh Wakil Dekan I bapak Dr. Zarkasih, M.Ag. dan dilanjutkan dengan materi yang dipandu oleh moderator Bapak Zetri Rahmat, M.Pd. dan pemateri Bapak Prof. Joko Nurkamto, M.Pd. Pemateri merupakan Guru Besar pada FKIP Universitas Sebelas Maret  Surakarta, Jawa Tengah. Beliau menyampaikan bahwa, pembelajaran saat ini harus berbasis pada Outcome, bukan lagi hanya memberikan materi di dalam kelas.

Kegiatan Seminar Nasional ini bertujuan agar mahasiswa dan dosen memahami perkembangan kurikulum saat ini pada tingkat Perguruan Tinggi yaitu Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE). Sistem pendidikan yang menekankan pada apa yang dapat siswa lakukan dengan baik di akhir pengalaman belajar mereka. Kurikulum dirancang agar siswa dapat mencapai kemampuan tersebut. Kemampuan apa yang dapat siswa kuasai/ demonstrasikan atau dapat lakukan?

Dengan adanya kegiatan Seminar Nasional ini semoga Mahasiswa dan Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau memberikan pengetahuan dan ilmu terkait kurikulum berbasis OBE dan dapat segera diterapkan dalam pembelajaran.

Penulis: Indah Wati

About indah wati

Check Also

Praktisi Mengajar: Pemilu dan Pengaruhnya terhadap Ekonomi Negara

Pekanbaru, Senin 10 Juni 2024 – Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *