Home / Profil Prodi

Profil Prodi

PROFILE

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

  1. Sejarah Berdiri Program Studi

Dengan diresmikannya IAIN Susqa Pekanbaru, maka secara resmi berdiri pula Fakultas Tarbiyah,  yang semula berinduk kepada IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, telah berada di bawah naungan IAIN Susqa Pekanbaru.  Pada tahun 2005 IAIN Susqa Pekanbaru berubah statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Perubahan status ini berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2005. Dengan perubahan nama, yang semula Sulthan Syarif Qasim (Susqa) Pekanbaru, menjadi Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.  Diresmikan pada tamggal 9 Februari 2005,  oleh Presiden RI Bapak Dr. Susilo Bambang Yudoyono. Seiring dengan perubahan tersebut, maka Fakultas Tarbiyah juga mengalami pengembangan dan perubahan nama, yang disesuaikan dengan fungsi dan ruang lingkupnya, yaitu menjadi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK).

Program studi Pendidikan Ekonomi sendiri berdiri pada tahun 2006 berdasarkan SK Rektor UIN Suska No. 170//2006 Tanggal 8 Juni 2006 dengan Tadris Konsentrasi Pendidikan IPS Ekonomi SLTP dan SLTA. Program studi Pendidikan Ekonomi memperpanjang izin terakhir yang tertuang dalam SK Direktur Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/123/2012 tertanggal 12 Januari 2012 yang berlaku 5 Tahun hingga 12 Januari 017.

Guna memenuhi eksistensi program studi, maka pada tahun 2012 mengajukan permohonan akreditasi dan akhir tahun 2012 Program Studi Pendidikan Ekonomi mendapatkan pengesahan akreditasi dengan peringkat B “Baik” yang tertuang dalam Keputusan BAN-PT No. 047/BAN-PT/Ak-XV/S1 /XII/2012 tertanggal 28 Desember 2012 yang berlaku hingga 28 Desember 2017.

kemudian, pada tahun 2016 mengajukan permohonan akreditasi lagi dan Program Studi Pendidikan Ekonomi mendapatkan pengesahan akreditasi dengan peringkat B “Baik” kembali yang tertuang dalam Keputusan BAN-PT No. 2904/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 tertanggal 01 Desember 2016 yang berlaku hingga 01 Desember 2021.

Dalam meningkatkan kualitas lembaga, program studi pendidikan ekonomi terus-menerus berbenah diri. Selain sarana dan prasarana pembelajaran seperti ruang kuliah dan perpustakaan prodi, saat ini program studi pendidikan ekonomi juga telah memiliki labor pendidikan ekonomi dan kewirausahaan. Dosen-dosen juga terus melakukan peningkatan kinerja dan kompetensi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu serta pengabdian masyarakat. Dari keseluruhan dosen tetap, saat ini tercatat 1 dosen berlatar belakang pendidikan S3, 2 dosen sedang menempuh pendidikan S3 dan selebihnya memiliki latar belakang pendidikan S2.

  1. Tujuan Berdiri Program Studi

Adapun tujuan dari berdirinya Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah sebagai berikut :

  • Untuk memenuhi kebutuhan guru pendidik ekonomi yang jumlahnya masih kurang dan terbatas.
  • Memberikan pembinaan bagi calon pendidik ekonomi dalam bidang keilmuan ekonomi yang diintegrasikan dengan keislaman.
  • Mendidik calon-calon intelektual yang memiliki wawasan keilmuan dan keagamaan yang menjadi bekal untuk mengabdi di masyarakat.
  • Membina bakat mahasiswa yang memiliki minat wirausaha melalui proses pembelajaran dan praktek.

 

  1. Visi dan Misi Program Studi

Visi :

“Terwujudnya lembaga yang unggul di bidang Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan  yang memiliki wawasan keislaman yang integratif dengan keilmuan, teknologi dan seni di Asia Tenggara Tahun 2023”

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aktual dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan ekonomi.
  2. Melaksanakan penelitian sesuai dinamika Pendidikan Ekonomi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka penerapan ilmu Pendidikan Ekonomi.
  4. Menerapkan nilai-nilai kewirausahaan melalui pendidikan dan pengajaran.

Prospek Pekerjaan Program Studi

Adapun prospek pekerjaan bagi alumni Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah sebagai berikut :

Prospek Utama

Guru / Tenaga Pendidik Ekonomi keahlian manajemen dan akuntansi yang profesional, memiliki kepribadian dan pengetahuan secara islami.

Prospek Tambahan

Wirausahawan (Entrepreneur) yang menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam praktik kewirausahaan.

Peneliti pada Bidang Ekonomi dan Pendidikan yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang pembelajaran pendidikan ekonomi.

Penulis Buku Pengembangan pada Bidang Ekonomi dan Pendidikan yang memiliki ketrampilan yang cakap bidang pembelajaran pendidikan ekonomi.