PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UIN SUSKA RIAU GELAR COLLUCUIUM INTERNASIONAL

Dalam upaya meningkatkan kualitas akademik dosen dan mahasiswa maka diperlukan kegiatan-kegiatan penunjang. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah kolokium. Kolokium adalah salah satu wadah bagi para akademisi membagi ilmu dan ide-idenya. Maka dengan adanya kegiatan kolokium akan membuat ide-ide baru muncul, dan kerja sama atau kolaborasi akan terbentuk. Hal ini tentu yang mendorong Prodi Pendidikan Ekonomi melaksanakan kegiatan kolokium dalam skala internasional dengan tajuk: “Education Tranformation In 21st Centuries”.

Kegiatan diadakan pada Rabu, 1 November 2023 melalui zoom meeting. Lebih kurang ada dua puluhan presenter yang melakukan presentasi pada kolokium. Universitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Universitas Teknologi Malaysia (UTM) dan Institut Pendidikan Guru Kampus (IPGK) Melayu Melaka Malaysia. Presentasi didominasi dengan tema-tema di bidang pendidikan. Seperti yang dipaparkan oleh Rahma Dinda dan Junaida yang merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi UIN SUSKA RIAU, Mereka mempresentasikan tentang pemetaan kompetensi guru yang dibutuhkan oleh pihak sekolah. Mahasiswa lain dari UTM (Universitas Teknologi Malaysia) Ko Ze Lin memaparkan tentang pengguna model six hat dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Bahasan yang juga menarik dipaparkan oleh Nur Aiyda dan timnya terkait cybergogy dalam pembelajaran di kelas. Mahasiswa IPGK Melaka ini menyampaikan bahwa di masa sekarang guru seharusnya juga memahami terkait bagaimana teknologi berkembang dan berusaha mengintegrasikan dengan pembelajaran di kelas.

Acara kolokium ini diawali dengan kegiatan pembangunan yang dipandu oleh MC Rasya yang merupakan mahasiswa tingkat awal di Prodi Pendidikan Ekonomi. Selanjutnya, sambutan yang diberikan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Prodi Pendidikan Ekonomi yaitu Ibu Yulia Novita, S.Pd.I., M.Par. Beliau menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang bertugas menyelenggarakan acara. Serta menyampaikan rasa hormat kepada seluruh presentater dan peserta yang berkenan untuk bergabung dalam acara ini. Berikutnya acara dilanjutkan dengan pembukaan dari pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA RIAU, diwakili oleh Ibu Dr. Amirah Diniyati, M.Pd. Kons (wakil dekan 3). Ibu Amira menyampaikan rasa bangga kepada seluruh akademisi yang terlibat dalam event ini. Beliau juga mengungkapkan bahwa di hari ini sudah semestinya kita berinteraksi dan berkolaborasi dengan negara lain, sebab salah satu skill yang dibutuhkan untuk survive di abad ini adalah kemampuan kolabirif. Beliau juga membuka acara secara resmi. Maka setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu sesi panel. Dimana setiap presenter memaparkan persentasinya.

Pimpinan prodi Ansharullah, M.Ec. (ketua prodi) dan Yulia Novita, S.Pd.I, M.Par. (Sekretaris prodi) memberikan dukungan penuh atas terlaksananya acara kolokium internasional ini. Pimpinanpun berharap ke depan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi terus bisa tampil di kancah internasional dalam acara-acara lain yang berkenan baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Acara kolokium ini merupakan rangkaian terakhir dari Milad pendidikan ekonomi UIN SUSKA RIAU yang ke-17.

Penulis: Zetri Rahmat

Editor: Indah Wati

About indah wati

Check Also

Kuliah Dosen Praktisi: Pentingnya Pemahaman Pengelolaan Keuangan bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Memasuki Dunia Kerja

Dunia kerja merupakan titik awal memulai tantangan hidup yang sesungguhnya. Memiliki pekerjaan tetap dengan gaji …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *