Rahmi Azizah: Meraih Beasiswa Proposal Kewirausahaan Ekonomi Kreatif Tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia

Bagi sebuah Program Studi keberhasilan mahasiswa tentu menjadi sebuah kebanggaan yang luar biasa, begitu juga dengan Prodi Pendidikan Ekonomi. Salah seorang mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi berhasil menembus prestasi di Tingkat Nasional. Prestasinya sangat relevan dengan Prodi Pendidikan Ekonomi yaitu berhasil masuk dalam 50 Proposal Kewirausahaan terbaik tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi ini bernama Rahmi Azizah.

Rahmi Azizah adalah salah seorang mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir, yang berhasil merubah limbah sabut kelapa menjadi barang yang bermanfaat. Dalam proposal bisnisnya dijabarkan bahwa daerah asalnya adalah salah satu tempat penghasilan kelapa yang cukup besar, namun sangat disayangkan, karena limbah sabut kelapanya ini tidak dikelola secara maksimal. Hal inilah yang menjadi ide dasar Rahmi dalam mengembangkan limbah sabut kelapa ini. Ide kreatif yang dilakukanya yaitu dengan membuat limbah sabut kelapa ini menjadi barang yang bermanfaat dan mengandung nilai jual. Hasilnya limbah ini bisa dibuat semacam pot bunga, alas kaki, tali tambang dan benda lainya. Inilah hal yang menjadi daya tarik dari proposal yang dibuat oleh Rahmi.

Sebelum penentuan kelulusan Proposalnya, Rahmi diberikan pelatihan oleh PTKI Kementrian Agama yang berpusat di Batam. Pada kegiatan tersebut Rahmi dibimbing dan diberikan waktu untuk mempresentasikan proposalnya yang berjudul “Ekonomi Kreatif dari Sabut Kelapa Sebagai Pengelolaan Limbah Menjadi Ekonomis dan Bernilai Seni Tinggi Bidang Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa“. Presentasi dilakukan dihadapan peserta dan instruktur yang memberikan pelatihan terkait kewirausahaan. Peserta pelatihan merupakan mahasiswa perwakilan dari seluruh mahasiswa PTKI yang ada di Indonesia.

Usaha panjang Rahmi tentu tidak terlepas dari dukungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam mensuport usaha positif yang dilakukan oleh mahasiswa. Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai tempat Rahmi menuntut ilmu tentu selalu memberikan dorongan yang kuat saat beliau menyusun proposalnya. Ansharullah SP., M.Ec selaku Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi berucap syukur atas apa yang dicapai oleh mahasiswanya, dan akan siap mendukung mahasiswa lain yang akan berjuang di kancah nasional baik dalam bidang akademik maupun non akademik. “Saya berharap ada Rahmi-Rahmi yang lain yang akan menyusul setelah ini “, tutur Pak Ansharullah.

Begitu juga dengan Sekretaris Prodi Pendidikan Ekonomi, Ibu Yulia Novita, S.Pd.I., M.Par. yang juga selaku mengajar pada mata kuliah Kewirausahaan sangat senang dan bersyukur atas prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswanya, dan berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus digiatkan agar memotivasi siswa yang berada di Prodi Pendidikan Ekonomi.

Rahmi sangat senang bisa mengharumkan Kampusnya di skala Nasional. atas prestasinya ini dia berhak menerima dana beasiswa sebesar lima juta rupiah. Semoga ini bisa meningkatkan prestasinya di masa mendatang dan bisa memotivasi teman-temannya yang lain.

Contoh limbah sabut kelapa yang sudah diolah menjadi barang bernilai ekonomis.

Surat Tugas Rahmi Azizah Mewakili UIN Suska Riau

Pengumuman Kelulusan Peraih BKM PTKI: Rahmi Azizah 

 

About indah wati

Check Also

PENGUMUMAN: PERPANJANGAN REGISTRASI DAN PENETAPAN KELOMPOK UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI NASIONAL BERDASARKAN JALUR PRESTASI (SNBP) DAN JALUR SPAN-PTKIN TAHUN AJARAN 2024/2025 UIN SUSKA RIAU

PERPANJANGAN REGISTRASI DAN PENETAPAN KELOMPOK UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI NASIONAL BERDASARKAN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *